Intermezzo

Whulandary Herman, Kisah Gadis Padang yang Belum Bisa Makan Beras Jakarta

Whulandary Hermani Raut bahagia terlihat menghiasi wajah finalis asal Sumatera Barat, Whulandary Herman yang akhirnya terpilih sebagai Puteri Indonesia. Senyumannya mengembang seakan tak percaya saat selempang bergengsi Puteri Indonesia 2013 berada di pundaknya.

Tetapi perasaan tersebut perlahan sirna saat Whulandary diberi kesempatan untuk berjalan pertama kali sebagai Puteri Indonesia di hadapan para hadirin yang menyaksikan langsung Grand Final Pemilihan Putri Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC),  Jumat malam, (1/2/2013). Apalagi, saat itu Whulandary juga ditemani oleh Miss Universe 2012, Olivia Culpo.

 

Whulandary Herman adalah gadis Padang yang lahir dan dibesarkan di Padang, tepatnya di Kota Pariaman. Dia melewatkan masa kecil di Kampuang Kecil Pasar Usang.

“Keluarga saya memang asli Padang dan masih tinggal di sana sampai sekarang. Saya menyelesaikan pendidikan hingga SMU di Padang,” sebut gadis  berusia 24 tahun ini seperti dikutip dari  indonesianpageants.

Whulan mengaku dibesarkan oleh dua wanita hebat, yaitu Ibu dan Nenek. Kebetulan takdir mengharuskannya hidup tanpa Bapak sejak saya lahir. Dengan 2 orang itu, dia dilatih menjadi jauh lebih dewasa dari umurnya karena kesedihan itu membuatnya menjadi kuat dan bersyukur.

“Tidak mempunyai Bapak bukan berarti kita harus menjadi anak broken home yang tidak bermasa depan. Itulah cambuk terkuat dalam kehidupan saya untuk membuktikan pada Ibu dan Nenek telah sukses membesarkan saya menjadi orang baik. Inilah pembuktian pribadi saya bahwa saya tidak akan méngecewakan mereka yang sangat mencintai saya”

Tahun 2007, gadis berpostur tinggi 176 cm  itu memutuskan untuk hijrah ke Jakarta sambil kuliah dan menekuni dunia modeling. Menurutnya, peluang modeling di Jakarta memang lebih luas dibandingkan di daerah.

Whulan lantas berkisah saat dia berangkat ke Jakarta dengan dilepas neneknya penuh linangan air mata. Baginya, Jakarta itu jauh dan dia tidak tahu kapan bisa kembali lagi ke Padang.

“Memang semua itu adalah pilihan. Meskipun saya sangat merindukan kedamaian yang selalu saya rasakan di tanah kelahiran, saya memilih untuk merantau dan mengadu nasib di Jakarta,” kenangnya.

Di Hulu, babuah babungo balun, marantau bujang dahulu, Di Rumah pagunu balun” yang berarti di Minangkabau harus berjuang dirantau setelah berhasil baru mengabdi di kampung halaman,” sambung Whulan.

Whulandary Hermani

Kini seluruh harapannya mulai terwujud. Lihat saja, kegiatan sehari-harinya adalah pemotretan, fashion show dan interview tentang modeling. Di samping itu dia masih menyempatkan diri melakukan beberapa hobi seperti traveling, menulis, memotret, diving, dan yoga.

Dari kisahnya itu, Whulandary punya cerita unik: “Saya adalah gadis desa yang sampai detik ini masih belum bisa makan beras Jakarta dan selalu menyusahkan Ibu untuk mengirimi saya beras Padang setiap bulan. Selain itu, bila saya berbicara Bahasa Indonesia aksen Padang saya masih sangat kental terdengar,” ujarnya.

Kini, Whulandary berhasil mewujudkan mimpi jutaan wanita Indonesia. Walau terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, tidak akan mengubah kepribadiannya.

“Saya tidak akan mengubah apapun dari diri saya tapi saya akan belajar lebih serius agar penampilan, kepribadian, tata bicara, maupun tata krama dalam bergaul agar lebih mencerminkan kepribadian wanita Indonesia. Saya juga akan berusaha untuk menambah pengetahuan saya lagi tentang Indonesia,” demikian Whulan.

Whulandary Herman

Biodata

Nama : Whulandary Herman (Whulan)

Tempat / Tanggal Lahir : Padang / 26 Juni 1989

Tinggi : 176 cm

Prestasi:

– The Best Catwalk Covergirl Aneka Yess 2002

– Best Model Top Model Indonesia 2002

– Juara 2 Pemilihan Wajah Femina 2008

– 3rd Runner Up dan Best Catwalk di ajang International Model of the Year 2010 di Seoul, Korea (diikuti 34 negara)

– Juara 1 Asia Top model 2010 di China (diikuti beberapa negara Asia)

– Putri Indonesia 2013

One thought on “Whulandary Herman, Kisah Gadis Padang yang Belum Bisa Makan Beras Jakarta

Leave a Reply

