Intermezzo

Ada Ikan Mirip Sutan Bhatoegana

        

Siapa yang tak kenal dengan sosok Sutan Bhatoegana. Politisi eksentrik asal Partai Demokrat ini cukup kesohor di Tanah Air, khususnya dunia politik nasional. Nah, saking populernya beliau, masyarakat mengidentikkan wajah seekor ikan dengan Sutan Bhatoegana. Lah, kok bisa?

Ceritanya, sejumlah nelayan asal Belawan, Medan, Sumatera Utara menemukan seekor ikan yang, katanya, mirip sekali dengan wajah eksentrik Sutan Bathoegana itu. Ikan yang tak diketahui jenisnya itu, memang termasuk unik. Karena bila sedang dihadapkan ke depan, mulut dan mata ikan itu mirip sekali dengan wajah manusia. Bahkan hidung ikan tersebut menonjol, seperti lazimnya hidung manusia.

Ikan ini memang termasuk ikan langka. Dari depan mirip wajah manusia, tapi kalau dilihat dari samping, tampilannya seperti ikan-ikan pada umumnya, tidak ada yang aneh. Keunikan wajah ikan ini pula yang coba diidentikan dengan wajah Sutan Bhatoegana.

Buyung, penemu ikan tersebut mengaku mendapatkan ikan ini setelah petugas Pengawasan Pengendalian Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Stasiun Belawan melakukan razia terhadap puluhan ton ikan hasil tangkapan 5 kapal ikan Thailand, Minggu 1 April 2012.

Ketika pertama menemukan ikan itu, Buyung tidak mengganggapnya aneh.  “ Tapi setelah diperhatikan baik-baik, lama kelamaan kok wajah ikan ini mirip dengan wajah manusia,” ujar Buyung sambil menunjukkan ikan dimaksud.

Sejumlah nelayan di Belawan mengaku tidak pernah menemukan ikan yang jenisnya belum diketahui itu. Menurut Rahman (48), warga Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan, ikan jenis ini biasanya ditemukan di laut dalam. “Kalau hanya di kedalaman 100 meter biasanya kami tidak pernah temukan,” tambah Rahman.

Namun nelayan di Belawan meyakini, jika menemukan ikan jenis tersebut akan membawa sial. Keyakinan ini dipercaya secara turun temurun. “ Kalau ikan seperti itu ditangkap, menurut penuturan pelaut-pelaut masa lalu ada saja masalah yang diterima. Buktinya lima kapal ikan asal Thailand itu ditangkap petugas PSDKP Stasiun Belawan,” pungkas Rahman.

Sesungguhnya, nama Sutan Bhatoegana begitu popular di kancah politik dewasa ini. Sutan biasa dipanggil, memang sekilas terlihat orang yang tegas namun dibalik ketegasannya dirinya merupakan pribadi yang humoris, dan pandai mencairkan suasana.

Dia juga lihay dalam menjawab masalah politik yang menerpa partai berlambang segitiga biru itu. Tak heran, jika kemudian dia sering diundang dalam setiap acara program berita di televisi nasional. Sutan pula lah yang mempopulerkan istilah “ Masuk Barang Itu” di kancah politik Indonesia.

Dan, nama Sutan begitu eksis di jagad maya. Foto-fotonya banyak beredar dengan mimik dan ekpresi beragam. Kalau di Belawan wajah Sutan Bhatoegana diidentikkan dengan wajah seekor ikan langka, para pemilik dunia maya bahkan lebih parah lagi. Ada foto Sutan yang dimiripkan dengan Soemanto, sang kanibal  pemakan mayat manusia asal Purbalingga. Bahkan kurang ajarnya, di sebuah forum kaskus, ada yang mendekatkan wajahnya dengan seekor bulldog. *Ah, ada-ada saja*

3 thoughts on “Ada Ikan Mirip Sutan Bhatoegana

  1. wkwkwkwk =)) semuanya miriiip tuh.. tp yg ter-paling mirip ‘ikan & dogy’ ga meleseeet :p ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s