Intermezzo

Blog Saya dapat Page Rank 1 Loh…. Alhamdu….lillah…..

Hari ini, saya dapat kabar dari rekan IT di kantor saya.  Katanya blog wordpress saya mendapat PageRank nomor 1 di mesin pencari google. Awalnya sih gak tau apa itu PageRank. Tapi begitu dijelasin rekan saya itu, kok rasanya jadi pengen naik kelas yah…. hahaha….

Setelah saya pelajari dari beberapa tulisan yang tersebar di google, PageRank itu ternyata alat untuk mengukur blog atau wordpress seseorang itu eksis atau nggak, hahahaha…. dan alhamdulillah, ternyata wordpress saya ini mendapat tempat juga di dunia maya.

Apa Itu PageRank?

Menurut Wikipedia, PageRank merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin.

 Cara kerja dari Pagerank itu sendiri yaitu:

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi, isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. 

Nah, blog saya ini berada di posisi angka 1.  Artinya, masih anak bawang. Karena sistem rangking Google ini tidak seperti di sekolah, tapi peringkat tertinggi pada angka 10.  Yang paling TOP tentu saja Google dan Facebook., Yahoo. Ketiganya secara bergantian menempati peringkat 10,  level tertinggi.

Oia, Cara nge-cek PageRank bisa dilihat di sini : www.prchecker.  Cukup ketika alamat blog atau website anda di kolom check PR lalu ikuti saja petunjuk selanjutnya. gampang kok.

Manfaat PageRank ini, menurut teman saya itu, ternyata banyak. Salahsatunya untuk cari uang. Karena jika levelnya sudah mencapai angka 3, maka blog atau website itu sudah menjadi incaran para pengiklan, walau sebenarnya berada di level 1 pun, sudah bisa dipromosikan.

Saya sendiri termasuk orang yang beruntung. Karena sejak dibuat tahun 2008 lalu, saya dibilang kurang aktif  bermain di blog ini. Baru beberapa bulan terakhir ini saja, saya kembali membuat tulisan-tulisan lagi. Itu pun setelah akhir tahun 2011 lalu, wordpress mengirimkan laporan, jika wordpress saya ini sudah dikunjungi 41 ribu pengunjung di tahun 2011 lalu.  Lihat keterangannya di bawah ini:

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2011 annual report for this blog

Here’s an excerpt:

The concert hall at the Sydney Opera House holds 2,700 people. This blog was viewed about 41.000 times in 2011. If it were a concert at Sydney Opera House, it would take about 15 sold-out performances for that many people to see it.

Click here to see the complete report.

Pencapaian blog ini, tentu saja bukan karena tulisan saya yang bernas ataupun hebat. Bukan.  Apalagi saya jarang sekali memuat isu-isu terupdate di sini. Semua ini tercapai berkat para penselancar di dunia maya. Yaahh…semoga saja, dalam waktu dekat, blog saya ini bisa naik peringkat lagi yah…. Amin.

Salam hormat saya….

3 thoughts on “Blog Saya dapat Page Rank 1 Loh…. Alhamdu….lillah…..

Leave a Reply

