navigasi

Soda Api Cemburu


Kasus perselingkuhan dalam beberapa pekan ini menyedot perhatian masyarakat dunia. Pelakunya bukan orang sembarang.  Di Amerika sana, dua tokoh ternama tersandung masalah “tali air”, istilah orang Medan untuk sebuah kasus perselingkuhan.

oleh : dedy ardiansyah

Adalah bos International Monetary Fund  (IMF) Dominique Strauss-Kahn ditangkap polisi karena tuduhan percobaan perkosaan dan kekerasan seksual terhadap pembersih kamar Sofitel Hotel di New York. Kasus ini bukan tergolong kriminal biasa. Selain karena Strauss-Kahn tokoh penting di sebuah lembaga keuangan dunia, Kahn juga kandidat kuat Presiden Prancis.

Laporan pelayan hotel, yang menurut media Prancis adalah seorang wanita berumur 32 tahun bernama Nafissatou Diallo itu, sudah menjerumuskan warga Amerika Serikat dan Prancis ke zona tak nyaman.

Di satu pihak, sebagai Negara, Amerika Serikat membela warganya yang telah menjadi korban kekerasan seksual. Tetapi di pihak lain, konstituen Kahn di Prancis, menuduh Amerika Serikat telah berkonspirasi untuk menjegal calon presiden mereka di kancah politik.

Di tengah hiruk-pikuk tuduhan pelecehan seksual lelaki berusia 62 tahun tersebut, tiba-tiba nama Arnold Schwarzenegger menyeruak ke media. Mantan Gubernur California itu mengakui telah berselingkuh dengan Mildred Patricia Baena, pembantunya. Rajutan cinta terlarang aktor Hollywood itu membuahkan seorang anak berusia 13 tahun.

Artinya, wanita selingkuhannya itu dirahasiakan oleh bintang film yang beralih profesi jadi politikus tersebut selama lebih dari satu dasawarsa. Ia baru memberi tahukan Maria Shriver, istrinya, setelah ia meletakkan jabatan pada Januari 2011.

Catatan ini tak bermaksud membenarkan testosteron mania pemilik kekuasaan untuk berselingkuh. Apalagi mengajak Anda-anda melakukan pelecehan seksual. Tapi sesungguhnya, kasus berbagi hati bisa terjadi pada setiap pemilik hasrat biologis, siapa pun orangnya. Karena pada dasarnya perselingkuhan terjadi karena beragam sebab. Bisa karena hasrat seks yang tinggi, karena intensitas pertemuan atau lantaran bosan dengan pasangannya. Bahkan ada pula perselingkuhan dilakukan hanya untuk mendapatkan pengakuan (hasil penelitian lembaga survey terhadap pria mapan di Jakarta-red).

Saya kemudian tertarik mengulas reaksi kedua pelaku yang terseret “tali air” tadi dalam menyikapi kasus mereka. Reaksi orang-orang terdekat termasuk istri dan anak-anak mereka.  Setidaknya, ini memberi pelajaran bagaimana harusnya bersikap, ketika tuduhan perselingkuhan atau pengakuan berselingkuh dilakukan para pejabat publik.

Sehari setelah ditahan polisi pada 15 Mei 2011, Dominique Strauss-Kahn mencari celah lepas dari tudingan skandal pelecehan seksual. Suami dari Anne Sinclair ini menyewa pengacara termahal di AS, Benjamin Brafman, yang pernah membela orang-orang terkenal seperti Michael Jackson. Agar terhindar dari penjara, ia membayar jaminan sebesar 1 juta dollar. Tapi usaha ini ditolak hakim.

Dalih demi dalih menjadi senjata Dominique Strauss-Kahn membela diri setelah pengadilan tolak permohonan tahanan luarnya. Namun, pihak Dana Moneter Internasional (IMF) sudah menegaskan, Kahn tak kebal hukum. Terlebih, untuk kasus-kasus yang tak ada kaitannya dengan kinerja bersangkutan sebagai Direktur Pelaksana IMF.

Apalagi kemudian, satu persatu kisah seru Dominique Strauss-Kahn bersama perempuan-perempuannya dibeberkan media. Bahkan seorang mucikari kondang New York buka mulut. Dia mengaku sering menyediakan PSK untuk mantan bos IMF itu. Alahmak!

Sudahlah. Kita tinggalkan Dominique yang kian menderita setelah dipindahkan dari kamar hotel mewah seharga Rp 25 juta per malam ke sebuah sel sempit di penjara Pulau Rikers.

Perhatian kini beralih Arnold Schwarzenegger. Bagaimana istri dan anaknya menyikapi kasus perselingkuhan mantan binaragawan tersebut.  Tak ayal, pengakuan jujur Arnold memicu keretakan rumah tangga yang telah terbina selama 25 tahun. Maria Shriver, yang juga putri dinasti keluarga Kennedy barangkali tidak bisa terima, sebab perebut hati suaminya adalah pelayan yang telah bekerja di rumah tangga mereka selama 20 tahun.

Kepedihan juga dialami keempat anak mereka. Tapi bagi Patrick Schwarzenegger, apapun yang terjadi, ia bersumpah akan tetap mencintai orang tuanya sampai mati. Di microblogging twitter,  anak ketiga pasangan ini menuliskan, “Suatu saat kau merasa bagaikan kotoran, dan ingin keluar dari kehidupan normal sebentar saja, namun aku tetap mencintai keluargaku sampai maut memisahkan.” Bahkan ia memuja ketabahan ibunya. Ia menuliskan kalimat khusus bagi Shriver pada Hari Ibu, “Selamat hari ibu bagi semua ibu di seluruh penjuru dunia. Ucapan paling spesial tentu bagi ibuku, @mariashriver the best,  dia ibu luar biasa yang pernah ada!”

Anak perempuannya, Katherine Schwarzenegger yang memiliki 13.318 follower di akun Twitternya menuliskan, ” Sungguh tak mudah tapi saya mengapresiasi dukungan dan cinta Anda. Saya mulai mengobati luka dan terus melangkah ke depan. Saya akan tetap mencintai keluarga saya!”

Simpati dan dukungan memang pantas diberikan kepada Maria Shriver. Meski mantan jurnalis televisi ini tak sekuat Hillary Clinton saat mengetahui suaminya Bill Clinton, yang saat itu menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, terlibat affair dengan seorang wanita cantik staf Gedung Putih, Monica Lewinsky.

Dalam sebuah pengakuan seputar perselingkuhan suaminya, Hillary mengaku, kepercayaannya pada Tuhan telah membantunya mengatasi kemarahan atas pengkhianatan suaminya. Menurut Hillary, iman dan dukungan doa dari keluarga dan orang-orang membuatnya bertahan di saat-saat sulit ketika affair suaminya terkuak.

Bahkan kemudian publik Amerika memberi apresiasi atas ketabahannya tersebut. Mereka memberikan dukungan saat Hillary mencalonkan diri sebagai kandidat Presiden AS 2008 dari Partai Demokrat. Rival Hillary saat itu adalah Barack Obama, yang kemudian terpilih sebagai Presiden AS.

Ketabahan Hillary dalam menghadapi perselingkuhan suaminya, dalam dimensi yang lebih dekat sebenarnya juga dialami Ellya Rosa Siregar, Ketua DPRD Labuhan Batu. Suaminya, Freddy Simangungsong, adalah pimpinan organisasi kepemudaan (OKP). Hampir semua masyarakat Rantau Prapat, ibu kota Labuhan Batu, mengenal betul prilaku tak terpuji abang dari mantan petinju nasional, Hendrik Simangungsong tersebut.

Freddy Simangungsong bertindak seakan kebal hukum, mengelola perjudian dan kerap bergonta-ganti pasangan.  Saya sendiri, pernah menyaksikan bagaimana Freddy bersama selingkuhannya, yang masih berusia belia, bermesraan di sebuah rumah makan di kota tersebut. Dan itu dilakukannya di depan umum, lho!

Ketabahan dan ketulusan Ellya Rosa Siregar menghadapi prilaku suaminya ini pula yang memuluskan langkahnya di kancah politik. Saat mencalonkan diri kembali sebagai caleg dari partai Golkar 2009, Ellya mendulang suara terbanyak. Bahkan posisinya sebagai ketua DPRD Labuhan Batu sampai kini belum tergoyahkan.

Maria Shriver, Hilarry Clinton dan Ellya Rosa Siregar adalah perempuan-perempuan tangguh yang mampu mengelola rasa cemburu menjadi energi positif. Mereka bertahan pada sebuah sikap mengalah dan bersabar, ketika hati suami-suaminya disinggahi perempuan lain. Hal yang mungkin tidak akan dilakukan Arnold Schwarzenegger, Bill Clinton atau Freddy Simangungsong ketika mengetahui istri-istri mereka, memilih berselingkuh sebagai alat pembalasan.

Dengan kuasa uang, koneksi dan kedudukan, barangkali Bill Clinton cs akan melakukan beragam cara untuk membalas ketersinggungan mereka atas perselingkuhan sang istri. Tentu saja skenario pembalasan yang dilakukan secara rapi dan profesional. Tidak dengan menyiramkan soda api ke wajah lelaki selingkuhan istrinya. *bersambung*

2 thoughts on “Soda Api Cemburu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s