navigasi

Rekomendasi Berbuah Anarki

Mata Syamsul Arifin memerah menahan tangis. Di Gubernuran, 3 Februari lalu, orang nomor satu di Sumatera Utara itu gelisah. “Kita sedang menghadapi musibah,” katanya.

Sejumlah tamu yang hadir di ruangan itu menunduk, sebagian mengusapkan sapu tangan ke ujung-ujung mata mereka.

Itulah pertemuan para Muspida Plus Sumatera Utara sebagai reaksi atas tewasnya Ketua DPRD SUmatera Utara, Abdul Aziz Angkat.

Enam jam sebelum pertemuan itu, 2 ribuan massa pendukung pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) mestinya secara damai menyampaikan tuntutan di Gedung DPRD Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol Medan. Tapi kita tahu, hari itu semua menjadi lain. Para pendemo bertindak anarki.

Media massa menjadi saksi sejarah kebrutalan pendemo. Mereka merobohkan pagar gedung, merusak fasilitas wakil rakyat itu, melempari petugas, mengejar dan memukul sang Ketua DPRD hingga akhirnya meregang nyawa.

Muspida Plus sendiri dalam pernyataannya memutuskan akan menindak tegas siapapun terlibat, termasuk otak di balik demo dalam aksi massa Protap.

Kini dua pekan sudah berlalu. Banyak orang yang menunggu akhir dari penyelidikan kasus itu. Polisi belum berani menyimpulkan tentang siapa orang di balik tragedi itu.

Tapi yang pasti tragedi 3 Februari itu juga memakan ”korban” lain: Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Nanan Soekarna dan Kepala Kepolisian Kota Besar Medan Komisaris Besar Aton Suhartono dicopot dari jabatannya. Mereka dianggap lalai dalam menjalankan tugas sehingga terjadi aksi demonstrasi anarkis.

Kerabat Abdul Aziz Angkat di DPRD Sumut, yang membentuk tim investigasi sendiri, juga masih meraba-raba. Bagi mereka, Tragedi 3 Februari itu tak cuma “membunuh” pimpinan mereka, tapi juga menciptakan teka-teki yang ruwet. Adakah kaitan antara aksi demo anarki dengan terbitnya rekomendasi Gubernur Sumatera Utara yang mendukung Protap? Babak baru penyelidikan Tragedi Protap segera dimulai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s