wisata

Berburu Kopi Luwak

Pernah mendengar kopi luwak? Kopi ini adalah jenis kopi dari biji kopi arabika yang telah dimakan dan dicerna hewan bernama luwak. Kopi ini terkenal sampai luar negeri. Bahkan di Amerika Serikat, kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (Civet Coffee) ini dengan harga yang cukup mahal, bisa mencapai harga US$ 100 per 450 gram. Hanya saja, keaslian kopi luwak masih sering dipertentangkan.

Kisah kopi ini diyakini bermula ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an. Saat itu, luwak masih banyak berkeliaran.

Luwak suka sekali memakan buah-buahan, termasuk kopi. Uniknya, luwak biasanya hanya memakan kopi kualitas terbaik.

Kopi itu, setelah dimakan lalu “terbuang” bersama kotorannya yang sebelumnya difermentasikan dalam sistem pencernaan luwak. Biji kopi seperti ini pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan difermentasikan secara alami. Menurut keyakinan, rasa kopi luwak ini berbeda dan spesial. Ini diakui kalangan penggemar dan penikmat kopi.

Namun sekarang ini luwak sukar ditemukan. Dagingnya yang dipercaya dapat mengobati penyakit asma membuat hewan ini terus diburu.

Kini, “Kopi Luwak” telah menjadi merek dagang sebuah perusahaan kopi. Umumnya, kopi merek ini bisa ditemukan di kafe atau kedai kopi seperti di Mall Atrium di daerah Senen, atau Mall Ciputra, Grogol, Jakarta. Namun racikan kopi yang dijual di sana belum tentu benar-benar berasal dari luwak atau tepatnya “kotoran” luwak.

kopi luwak

kopi luwak

kopi luwak

kopi luwak

Foto-foto diambil di perkebunan kopi Desa Siempat Rube II Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara, belum lama ini.

Teks dan foto-foto: Daenk Haryono | Harian Global

5 thoughts on “Berburu Kopi Luwak

  1. selamat siang
    saya punya 100 kg kopi luwak asli liar perminggu
    bahkan bisa bertambah mengingat bulan agustus septmber musim panen kopi.
    kalo ada yang minat bisa hubungi di
    081330543720
    trims

  2. Kami lg cari link pemasaran biji kopi luwak, bisakah membantu mengirimi kami alamat perusahaan yang bisa membantu pemasaran biji kopi luwak kami?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s