opini

Si Eneng

drawing_seated_nude.jpg Si Eneng

Beberapa waktu lalu aku chating dengan mojang Bandung. Dia adalah teman lamaku. Tapi tak lama-lama kalilah. Bagiku dia perempuan yang cantik (beh!) smart (pasti!) dan punya pandangan berbeda soal lelaki (wadow….)

Maaf, aku tak dapat ungkapkan siapa gerangan dirinya. Baik nama dan segala identitas yang agak-agak nyerempet, aku samarkan. Kalian cukup mengenalnya dengan sebutan Eneng. Karena aku memanggilnya begitu. ______________

Membaca kembali transkrip chating yang tersimpan di emailku (Agustus lalu kayaknya) cukup membuatku tersenyum-senyum sendiri. Banyolan-banyolannya yang spontan dan smart darinya sering membuatku kelabakan sendiri.

Sebagai perempuan, dia galak dan suka meledak-ledak. Dia perempuan yang punya prinsip. Bagi si Eneng, biarlah ia hidup menjomblo selamanya daripada married dengan si Oon…Hahaha..

Namun dibalik ketegarannya itu, ia juga manja kok. Suka merajuk dan gampang diboongin.. Hehehehe… Ia juga pernah terjebak pada hati seorang lakor? Tau lakor? Gak tau? Cari tau sendirilah coy…aku aja baru tau dari dia kok…hehehehe….

Hmm…setelah sempat lama tak berkomunikasi, malam ini aku chating lagi dengan si Eneng. Katanya sih dia sedang berada di Banda Aceh untuk waktu yang cukup lama; satu bulan. Cuma dia enggan menjelaskan panjang lebar “misi rahasia” apa yang saat ini ia kerjakan di sana hehehehe….

Kami chat tak kurang 15 menit. Dia tiba-tiba memutuskan percakapan ketika aku mengatakan: kangen padanya….. Ups…

(Sisa-sisa Transkrip Chating dengan si Eneng | 08/07)

7:23 PM me: sedang sibuk apaan neng?
eneng: enggak ada
biasa aja
7:28 PM me: lagi di mana nih, warnet?
eneng: di ajeb-ajeb
7:29 PM me: ooo…
rame yah?
7:31 PM lagi rapat?
7:32 PM eneng: enggak
aku sendirian kok
7:33 PM me: leh tau gak alamatnya?
7:34 PM kenapa? mau kirim makanan???
7:35 PM me: kenapa, laper yah?
eneng: iya
me: ya udah, kita keluar cari makan
apa perlu dijemput ke kantor?
eneng: haha
mau
7:36 PM me: ok..15 menit lagi aku nyampe kantor
7:37 PM eneng: kantor kamu di medan kan?/
me: hehehe….
coba lo di sini
7:38 PM bisa dinner bareng kita
eneng: pasti dicuekin
me: aku dicuekin yah? kenapa?
7:40 PM eneng: hahahah
maksudnya aku yang dicuekin
tauuuuuuuuuuuu
7:41 PM me: eneng dicuekin? mana mungkin..
7:42 PM pastilah eneng diberi servis yang paling memuaskan..
7:43 PM eneng: servis motor ???
me: gaklah..
7:45 PM semua yang eneng pengen..tak penuhi..
hihihih..
eneng: aku pengen kamu juga dipenuhi????
hah???
7:46 PM me: wah… seru dong
kite saling memenuhi..
gelas kalee…
7:47 PM so, jadi dijemput gak nih?
eneng: hahahah
7:48 PM ok
me: kok ketawa
eneng: segera
me: gw lagi di bandung nih
eneng: ingin ketawa
me: oo
eneng: boooong
haha
dasar
7:49 PM me: yah..gak caya
eneng: dimana???
sebutkan !!!!
7:50 PM posisimu
me: gw nginep di Malya Hotel
hmm jalan apa ya
Jl. Rancabentang ..
eneng: haa???? di,ana tuh???
7:51 PM serius kamu???
me: deket kampus padjajaran nih kayaknya…
7:52 PM eneng: dipatiukur???
ada acara apa??
me: iye kali ya..
7:53 PM tapi khusus mau ketemu eneng
gimane..
eneng: hah??? dasar guombal
7:54 PM serius ada acara apa???
me: gak ada
cuma jalan-jalan doang kok
hehehe..
7:55 PM eneng: boong
berapa RT???
eh, kamu kenal namanya gilang???
orang medan
me: maksudnya?
eneng: kenal ga???
me: hmm… ada nama lengkapnya gak>?
7:56 PM eneng: enggak
males juga
aku gak kenal
tapi dia add ke YM ku
males gak sih???
me: wah…sorri..aku gak kenal
7:57 PM eneng: gak usah minta maaf
me: kamu punya YM juga?
eneng: kamu serius lagi di bandung???
punya lah
…………..@yahoo.com
me: yaelah…
iyalah
7:58 PM ok tx..
8:01 PM jadi gak ?
8:03 PM eneng: apa???
8:04 PM kamu mau ke sini gak???
kalao mau aku tunggu
kalau enggak, aku pulang nih
8:05 PM me: duh…ngancem nih
tapi di sini lagi hujan
bingung mau naik apaan ke sono
eneng: ye
me: katanya lumayan jauh ya
eneng: aku ini kan gadis angkot
jadi kalau telat, aku jadi gadis ketinggalan angkot
8:06 PM me: yah..gimana dong
8:07 PM eneng: ya sudah
ahhh
aku yakin kamu boong
kamu di medan kan???
me: gadis angkot…hmm
8:08 PM handpone kamu aktif?
ntar gw telp lewat wartel aja ya
biar kamu yakin, aku di bandung
8:09 PM eneng: hahahah
8:10 PM me: ya udah..kalo kamu mau pulang
ntar ketinggalan angkot
lagian masih hujan
8:14 PM eneng: disini gak hujan tuh
ketauan boonya
bohongya
8:21 PM me: hehehehe…
emang di sini hujann
eneng: sebeeeeeeeeelllllllllllll
no dialge again
8:22 PM dialoge
8:23 PM me: hahahahahaha….
sorrrriiiiii…..sorrriiiiiiiiii
8:24 PM jangan ngambeklah..
ntar keliatan seperti…..
8:25 PM ibu megawati soekarno putri
hihihihiih..
eneng: bodo
8:26 PM aku akan ngambek sampai rakernas tahun depan
me: yaelah…
segitunya…
hmm…kita gak bakalan ketemu
8:27 PM soalnya bulan besok aku selesai
eneng: aku yang akan menemuimu
me: so, gak ada rakernas lagi
eneng: bawa bom ke medan
8:28 PM me: hahahaha…
8:29 PM ternyata begini ya kalo cewek bandung sedang marah..
asyiiiikkkkkkkkkkkkkk
eneng: ihhhhh
males baget
PKOKNYA AKU MARAH
8:30 PM me: yah aku tau kok..
8:31 PM dari lubuk hatiku yang paliiiiiiiiing dalam..
please forgive me…
aku bakal beliin kamu angkot deh
supaya besok-besok gak nungguin angkot lagi
8:32 PM ato..gimana kita ngobyek aja
aku merantau ke bandung jadi supir angkot
khusus antar jemput eneng
eneng: aku gak mau ngomong
me: acammana???
yang surung ngomong siapa bu?
enengcukup ngetik aja kok..
hihihihihihi..
8:35 PM eneng: enggak mau ngetik, enggak mau ngomong, enggak mau senyum,
enggaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
me: hahaha….kapan yah bisa ketemu kamu tuk ngucapin maaf
8:36 PM gawat nih…
aku kok seperti merasa……….
eneng: merasa bersalah
ya iyaaaaaallllllh
8:37 PM me: bukan…
lupakan soal rasa bersalah itu..
ini jauh lebih besar
8:38 PM dan…
8:39 PM eneng: apa???
8:41 PM me: ah…
biarlah rahasia ini hanya embun yang akan menjawabnya
8:43 PM eneng: ha???
aduh rahasia apa???
harta karun???
atau harta soeharto??
8:44 PM me: yah..harta itu terpendam di sana
jauhh,,,,di sana
8:45 PM eneng: wuah
kasih tau aku petanya
biar aku lunasin utang negara
utang kamu
utang tetanggamu
8:46 PM utang semua orang
me: petanya tak perlu dicari
8:47 PM karena peta itu sudah ada di…
8:48 PM eneng: di medan???
di tempat pak ajib???
di mall??
atau dimana???
di kamar mayat???
8:49 PM me: meski menjadi mayat pun…
rahasia ini akan terus terjaga
eneng: aduh
kamu bikin aku penasaran sampai mati
ayoooo
tell me
me: utuh..seutuh….utuhnya
8:50 PM i can’t tell u..
8:51 PM coz..i…..
eneng: comomon
8:52 PM me: ya udah..pulang gih
ntar kemaleman
8:53 PM lagian katanya marahh
gak mau ngomong etc
8:55 PM eneng: oups
lupa
gara-gara harta karun
aku jadi semangat
8:56 PM me: hahahahahah
8:57 PM 2–0..
malam ini aku bahagia
8:58 PM eneng: aku juga
me: bahagia sekaleeeeeeeeee
apakah kau merasakan kebahagian yang sama denganku??
duh..duh..EYD banget gak seih
8:59 PM eneng: iya
kenapa ya???
9:03 PM me: tanya kenapa
pasti karena dekat-dekat hari H
9:04 PM eneng: hari H Apa???
me: bukankah tak lama berselang, eneng akan dipersunting Oon..?
bahagia rasanya
eneng: aduh kmu teman yang baik
9:05 PM terimakasih sudah mengingatkan…padahal aku lupa
me: hahahahaha..
9:06 PM ntar kebahagiaan dirimu dan Oon akan aku iklankan di milis apasaja
9:07 PM eneng: aminnnnn
me: bagaimana? setujukah dirimu?
eneng: setuju
kalau perlu muat di sejumlah media massa nasional dan internasional
9:08 PM me: hahahaha….
ini perasaan senang, bahagia, atau sebeellllllll…
aku kok sulit membedakannya
9:09 PM eneng: memang
agak sulit membedakannya
lebih baik kamu tes laboratorium
9:10 PM me: lho, bukannya kamu kemarin bilang hasilnya negatif?
trus, mau ke lab mana lagi chekingnya?
9:14 PM masih sebell??
9:24 PM me: enang pernah ke aceh?
eneng: pernah 2 minggu
9:25 PM me: kapan? ke banda ya?
eneng: th 2006
9:26 PM me: ngapain?
9:28 PM eneng: mau tau aja
9:29 PM me: yaelah.. kita kan temen’
boleh dong temen tau kegiatan temennya
hihihihiih
9:33 PM neng, massih punya rokok
kirim sebatang dong
9:34 PM lagi keabisan rokok nih
9:39 PM eneng: sukurin
9:41 PM me: ya ampun..
dendam banget sih
eneng: emang
dendam membara
9:42 PM me: baguslah
daripada cinta membara
9:46 PM eneng: ya
me: dapat undangan HUT Pak HAJI gak?
9:47 PM eneng: dapat
Oonakan menjadi pasanganku
kamu ke jakarta juga???
9:48 PM kami sudah memesan baju ke desiner terkenal dari Paris
9:51 PM me: salute
btw, tanggal berapa yah? aku lupa. sms Oon udah kehapus ni
eneng: ya
namanya juga pasangan yang akan menikah
eh aku bobo di kantor
pulangnya kemaleman
9:52 PM me: jadi iri nih
karena kesalahanku kah?
eneng: ya iri saja
9:53 PM me: kamu bobo di kantor karena aku?
9:57 PM halooo
sudah bobo yah
10:00 PM eneng: beluuummm
10:02 PM me: kiraain
aku sedang menyiapkan rilis pernikahanmu nih
10:03 PM tolong dicek yah..sapa tau ada yang perlu diluruskan
10:07 PM halow
eneng: hah?????
sumpah lo???
10:09 PM me: lho..kan sudah dapat restu
eneng: hmmmmm
terserah
10:10 PM me: hahahaha…
sabar ya
ntar gw onlinekan
eneng: kamu gak sebar dimilist kan???
awas
me: makanya aku butuh hari-H-nya
10:11 PM gawat….pasti aku disebelin lagi nih
( 10 menit tak ada balasan)
10:21 PM me: rilisya sudah selesai
10:22 PM mau dibaca gak?
( 8 menit tak ada juga balasan)
0:30 PM eneng: kirim ke emailku saja
10:31 PM me: lho, bukannya kirim ke milis
10:32 PM eneng: enggak
10:33 PM me: sabar ya
dah masuk tuh
10:37 PM eneng: hhahaha
swru
seru kamu memang teman terbaikku
jangan diposting ke manasaja
ke Oon aja
10:58 PM me: kenapa kabar gembira itu gak boleh ke manaajasaja?
pasti lebih seru lagi
10:59 PM eneng: menimbulkan radikalisme
11:00 PM me: hahahahahha
siapa pula yang radikal itu
11:02 PM eneng: para lakor yang naksir aku
me: hihihi..
lakor itu apaan?
eneng: laki orang
11:04 PM me: hahaha..gawat,,,gawat…
makanya eneng cepat menikah
supaya gak jadi korban radikalisme
11:05 PM eneng: soal lakor.. baca saja di …………….wordpress.com
judulnya “rerumputan di hutan kayu”
11:06 PM me: oya?
11:10 PM duh, jatuh cinta pada siapa nih?
11:11 PM eneng: ada deh
11:13 PM sudah baca soal lakor??
11:16 PM me: yupe
emang ada masalah apa dengan lakor
11:17 PM eneng: aku banyak diincar para lakor
11:18 PM aku mau membuat mereka tobat
11:19 PM me: hahaha….segitu dendamnya
11:20 PM tapi tau gak, perasaan itu datang karena sebelumnya sudah pernah merasakan cinta seorang lakor
11:21 PM benarkah?
11:22 PM eneng: iya
11:24 PM me: dan itu tanpa kamu sadari sebelumnya?
11:25 PM eneng: iya
me: tapi itukan bukan salah dia?
11:26 PM eneng: salah hatinya
11:27 PM me: hmm..
11:28 PM hidup terkadang tidak bisa memilih
cinta datang terlambat
eneng: ya
11:29 PM me: tapi memang, dengan rutinitas yang kita jalani saat ini
memudahkan kita mencari cinta yang pernah hilang itu
tak perduli dia siapa dan aku siapa
11:30 PM eneng: hmmmm
11:31 PM me: tau kenapa eneng banyak diincar Lakor?
11:32 PM eneng: kenapa???
11:33 PM me: kalo menurut eneng sendiri, kenapa?
eneng: ahhh itu sih lakornya aja yang gak tau diri
11:34 PM me: hahahha…itu final answernya?
11:35 PM tapi bukan itu letak masalahnya..
11:36 PM eneng: terus???
11:37 PM me: kamu memang dianugerahi kelebihan untuk itu
karena apa yang diidamkan mereka itu ada pada eneng
adi, mereka juga tak salah dong
11:38 PM eneng: apa yang diidamkan mereka???
aku ini kan perempuan sunyi
eneng: sendirian dan agak gokil
me: sepatutnya kamu bersyukur
11:39 PM me: coba ingat-ingat
eneng: soal??
me: lakor-lakor yang naksir kamu pasti masih sekomunitas dengan aktifitas
yang kamu lakoni sekarang
betul gak?
11:40 PM eneng: iyalah
kalau bukan aktifis…ya jurnalis
atau elit jurnalis
11:41 PM me: tidak ada yang salah kok di sini
seperti yang aku bilang tadi
11:42 PM eneng: ahhhh
11:43 PM me: aktifitas yang sedang kita jalani ini amat sangat memudahkan untuk
berinteraksi yang kemudian beralih pilihan
itu konsekwensi logis yang tentu saja negatif bila tak mampu
melakoninya
11:44 PM eneng: semuanya punya kesempatan,,,bukan hanya profesi ini
me: yah, itu pastilah
persoalannya kan problem enang dan lakor-lakor itu
11:45 PM kalo komunitas lain, problemnya pasti beda
11:46 PM tapi beginilah, eneng mungkin bisa koreksi kenapa pilihan mereka ada pada
kamu
kenapa tidak pada yang lain
11:47 PM eneng: kenapa????
mana aku tahu???
11:48 PM me: cari tau dong
eneng: KU CARI TAHU DARI KAMU AJA
11:49 PM me: wah..aku tak mengenal banyak tentang kamu
waktu dua hari tak cukup untuk mengenal enang terlalu dalam
eneng: nanti kita kenalan dulu
11:50 PM me: hmm..bukannya sudah kenal
11:51 PM eneng: oups iya
11:53 PM me: tapi beginilah, aku kan juga lakor nih,
mungkin sedikit banyak punya persepsi yang sama dengan lakor-lakor lain
dalam memandang eneng
eneng: aduh
11:54 PM gawat
me: lho, gawat kenapa?
11:56 PM eneng: aku bisa terjebak dalam rayuan lakor
me: ya sudah..tak jadilah
ntar dikira ngegombal pulak..
11:57 PM eneng: hhahahha
11:58 PM me: beginilah nasib lakor kalo chat ama perawan
persepsinya langsung ke nasi goreng
11:59 PM hmm…jadi laper ni
eneng: hahahah
12:00 AM me: btw, kamu beneran masih di situsaja?
eneng: ya
12:01 AM me: seorangan?
eneng: berdua
12:03 AM me: kirain di malam sesunyi ini kamu sendirian..
hiiiihh.,…seramm
eneng: di bandung hantunya asik dan modis
gaul dan intelek
dan revolusionaer
12:04 AM me: nah itu dia yang gawat
kalo dia kalah berdebat..bisa dicekiknya nanti
12:05 AM eneng: hahahah
me: jadi hati-hati saja
12:06 AM oia temen kamu si Tarzan ya
eneng: bukan
12:07 AM andxx
me: sori, gak kenal
anak ajib-ajib juga?
12:08 AM eneng: temenku
me: ooo…ce/co tuh?
12:09 AMeneng: yuuukkkk
tapi dia gay
12:10 AM me: hmm….kok tau dia gay?
12:11 AM eneng: engakumang dia
emang dia ngaku
me: hihihihih…….
12:12 AM jangan percaya.. minta buktinya..
hihihihi
12:13 AM eneng: sudah tau
12:15 AM me: salam yah ama temennya
eneng: iya
12:16 AM me: eh, tulisan terbaru kamu di PB apaan?
eneng: belum
lagi nulis soal bwiji tephukul
12:17 AM me: kasih ide dong
eneng: soal???
me: kira-kira dari medan apa yang pas untuk PB
eneng: soal sejarah marga
seru juga
12:18 AM me: hmmm boleh juga
tapi harus spesifik ke marga tertentu kali ya
eneng: iya
yang lebih nyentrik
12:19 AM me: hmm.. marga apa yah???
hmm..
12:21 AM kira-kira bagaimana sih karakter tulisan PB
12:24 AM woi
sudah tidur?
12:26 AM eneng: belum
baca saja tulisanku
itu gaya PB
me: nice..
12:27 AM ok..aku akan dalami
dan mempelajarinya secara seksama dalam tempo yang sesingkat-
singkatnya
medan, 22 Agustus 2007
eneng: heheh
12:30 AM hahahahah
12:32 AM me: ternyata masih bisa ketawa ya
gak ngantuk non?
eneng: belum
12:33 AM me: emang biasa bobo jam berapa?
eneng: biasa suhubuh baru bobo
12:34 AM me: luar biasa
trus besok paginya langsung ngojek ya
12:35 AM eneng: narik angkot
12:36 AM me: oia…lali aku..kamu kan perempuan angkot
12:39 AM tapi bener kamu di rumah pak aji?
bener kamu gak pulang karena aku?
eneng: ya
me: atau kamu memang niat bgadang di rumah pak aji?
eneng: iya
12:41 AM me: baiklah..
karena aku bersalah
maka aku pamit mundur
maklum..aku kan juga lakor
12:42 AM hihihih..
eneng: ya
selamt istirahat
12:44 AM me: yah selamat malam juga neng
Bermimpi indahlah. Tapi jangan bermimpi ama lakor ya..
Hahahaha… bye…

2 thoughts on “Si Eneng

  1. bang… kapan-kapan buat cerita dengan judul “si Yoshie..” acem bang heheheh

    —–
    Boleh aja mak nyos…
    tapi kita harus chatting dulu tuh ampe pagi, gimana coba?
    Trus..trus.. kalau misua-nya bangun tengah malam, bisa-bisa kecarian pulak dia
    hihihihi

Leave a Reply

