people

people

Michael Dell

michaeldell_wideweb__470x2800.jpg

 

Michael Dell adalah salah satu fenomena dalam dunia bisnis. Dalam usia muda, ia telah meraih sukses melalui Dell yang dirintisnya sejak di bangku kuliah. Mulai dari nol, hingga Dell sempat menjadi produsen PC terbesar di dunia sebelum posisinya diambil oleh Hewletts’s Packard pada 2006 lalu. Di usia yang relatif masih muda itu, 39 tahun, Michael Dell masuk dalam daftar 10 besar orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 17.2 miliar dolar AS. _________________________

Pria kelahiran 23 Februari 1965 di Houston, Texas ini merupakan pendiri dan Ketua Eksekutif Perusahaan komputer raksasa DELL yang memproduksi PC (Personal Computer) dan Note book terbesar di dunia dan perusahaan yang dibangun 19 tahun yang lalu dan mampu mengalahkan perusahaan raksasa lainnya seperti HP dan Compaq yang telah berumur lebih dari 50 tahun. Di usia 29 tahun, Michael Dell sudah masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Padahal sebelumnya di usia 19 tahun, Michael Dell baru memulai usahanya sebagai salesman komputer dan mulai merakit dan menjualnya di kampus. Bahkan dia pun tidak sempat menyelesaikan studinya. Namun hanya dalam waktu yang relatif singkat, Dell dapat menguasai penjualan PC di dunia.

apple-logo-think-different.png

Michael Dell mengenyam pendidikan dasar di Herod Elementary School di Houston, Texas. Dell mulai berkecimpung di dunia komputer di usia 15 tahun saat dia menghancurkan komputer Apple II dan mencoba menyusunnya kembali sekadar ingin tahu apakah dia mampu atau tidak. Dell melanjutkan pendidikannya di Memorial High School di Houston, di mana selama masa ini dia mulai menjual ilmu dan gagasannya di Houston Post.

Saat berkuliah di Universitas Texas di Austin, dia mulai usahanya di bidang komputer dengan nama PC’s Limited di kamarnya sendiri di Dobie Center. Hebatnya, perusahaan mini ini sukses dengan sedikit bantuan pinjaman dari kakek dan neneknya. Dell berhenti kuliah di usia 19 tahun untuk mengelola PC’s Limited yang kelak menjadi Dell Computer Corporation dan akhirnya bernama Dell Inc.

 

Sejak tahun 2000, suami dari Susan Dell ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam hal pangsa pasar. Usaha Dell dalam mengontrol biaya dapat memotong pengeluaran overhead sebesar 9,6 persen dari pendapatan serta meningkatkan produktivitas hingga US$ 1 juta tiap karyawan. Itu sama saja dengan tiga kali pendapatan per tiap karyawan IBM dan hampir dua kali dari Hewlett’s Packard.

 

Bisnis ayah empat orang anak ini semakin berkembang terutama setelah menggunakan internet sebagai media yang menghubungkan langsung dengan pelanggan. Melalui website, pelanggan bisa langsung melakukan order dan transaksi bisa selesai dalam semalam. Selain itu, online juga berarti kecepatan yang lebih serta penghematan biaya.

 

dell_209_fl.jpg

Bagi Michael Dell, fokusnya adalah bukan untuk menjadi seperti IBM maupun HP. Namun ia ingin memfokuskan kekuatannya sebagai produsen yang efisien dan distributor. Oleh karena itu ia mengedepankan efisiensi dalam operasi. Saat ini mereka memiliki 550 buah paten proses bisnis.

Pada 4 Maret 2004, ia mundur sebagai CEO Dell dan digantikan oleh Kevin B. Rollins. Namun segera setelah itu, banyak komplain dari pelanggan mengenai pelayanan dari Dell. Selama bertahun-tahun, Dell berusaha untuk meyakinkan pelanggannya bahwa mereka memiliki PC dengan harga terendah di pasaran. Ini adalah hasil dari proses manufaktur yang sangat efisien untuk desktop PC.

Namun keuntungan ini menjadi kurang penting ketika pasar lebih menyukai notebook. Perusahaan pesaing Dell juga menjadi lebih efisien sehingga kompetisi semakin ketat. Hingga akhirnya pada 2006, Dell mulai tumbuh lebih lambat daripada pasar. Bahkan pada 2006 HP mengambil posisi Dell sebagai perusahaan produsen PC terbesar di dunia.

Oleh karena itu, pada 31 Januari 2007, Dell kembali dilantik menjadi CEO menggantikan Rollins yang mengundurkan diri pada hari sebelumnya. Hasilnya sudah mulai terlihat pada kuartal kedua 2007 ini. Dell berhasil membukukan laba yang melonjak 46 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s