documentary

Temukan Gairah Usai PHK

hut-i-global-ok-1.jpg

PHK memang selalu menyisakan kepedihan.  Sekalipun tidak terkena PHK, tetap saja ada perasaan miris menghadapinya. Bagaimana tidak, PHK yang menimpa rekan-rekan sekantor, tentu bukan peristiwa menyenangkan. Kehilangan orang yang biasa kita jumpai setiap hari (sekalipun hubungan dengan orang itu biasa-biasa saja) tetap akan menimbulkan perasaan kehilangan. Terlebih yang jika kita kehilangan rekan kerja yang cukup dekat.

Makanya, nggak heran usai pengumuman PHK gairah kerja akan menurun drastis, sekalipun itu lolos dari ancaman PHK. Perasaan sentimentil kehilangan teman akan menghantui. Belum lagi jika masih merasa was-was jika suatu waktu PHK akan menimpa kita sendiri.

Bisa dimaklumi jika kemudian kita merasa ogah-ogahan bekerja di tengah situasi yang tidak menguntungkan itu. Tetapi jika kita membiarkan kegairahan itu menurun, lama-lama tentu saja akan kehilangan gairah untuk bekerja sama sekali.

Lalu gimana dong?

Di bawah ini ada tips  untuk memompakan gairah karena kehilangan rekan kerja akibat PHK:

Ingatlah bahwa hubungan pertemanan tidak mesti berakhir hanya karena PHK. Jika perlu, kita tetap bisa berhubungan dengan mereka, baik lewat telepon atau email. Jangan khawatir, di jaman teknologi informasi begini makin banyak media komunikasi yang akan menghubungkan kita dan teman-teman. Asal kita  dan teman-teman janji tetap keep in contact.

Tanamkan dan yakinkan di diri, bahwa mereka yang terkena PHK akan menemukan pekerjaan yang lebih baik. Berbekal pengalaman dan semangat yang tinggi, diharapkan perkara mendapatkan pekerjaan baru tidaklah terlalu sulit bagi mereka.

Agar tidak larut dalam rasa kehilangan yang mendalam, cobalah pelajari ketrampilan dan pengetahuan baru. Temukan minat yang membuat gairah kerja menyala kembali. Seiring dengan munculnya gairah tadi, maka kreativitas pun akan muncul.

Bergaullah dengan orang-orang yang bersemangat tinggi di kantor. Percaya deh, kita akan menemukan semangat yang menyala-nyala jika berada di tengah-tengah mereka yang memiliki semangat tinggi. Seperti halnya jika kita berada di dekat api unggun, maka kita  akan merasakan kehangatannya. Sebaliknya jika berada di dekat salju, kita akan merasa kedinginan. Maka menjauhlah dari orang-orang yang pesimis dan pengeluh.

Perbarui rasa humor. Jangan lupa, humor merupakan salah satu obat mujarab untuk mengatasi ketegangan dan kesedihan siapapun. Temukan humor-humor terbaru dan tertawalah. Niscaya, dengan humor, kesedihan akan hilang dan berganti dengan semangat baru.

Meski PHK gemanya masih terasa, tapi kita nggak mau kan dicap sebagai karyawan yang loyo dan tak bertenaga? Maka segera ingatkan diri tentang integritas di perusahaan. Karena integritas adalah motivasi yang cukup ampuh untuk memacu gairah. Jika kita mampu menumbuhkan integritas pribadi yang tangguh, maka kita tidak akan kehilangan gairah dalam hidup ini, apalagi gairah kerja.

Terakhir, berpeganglah pada prinsip do the best and prepare for the worst, bekerjalah sebaik-baiknya dan bersiaplah untuk hal-hal terburuk. Lakukan pekerjaan dengan segenap kemampuan dan kreativitas . Tetapi agar tidak menjadi takabur, selalu bersiaplah untuk menghadapi kenyataan terburuk. Sehingga jika suatu saat giliran kita yang kena PHK, kita nggak akan keder lagi karena sudah siap menghadapi tantangan baru di luar sana. Nah, PHK bukan berarti kiamat kan…? (courtesy of | kapanlagi.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s