makan enak

Lontong Setan

lontong setan

Mendengar namanya mungkin membuat anda merinding karena seram. Tapi begitu lontongnya masuk ke mulut, setannya hilang. Habis enak sih…

oleh. dedy ardiansyah

Lontong merupakan satu dari sekian banyak makanan khas di Indonesia. Umumnya lontong terbuat dari beras yang dikukus dengan daun pisang. Makanya lontong kelihatan hijau di luar namun putih di dalam.

Dari sekian banyak panganan, lontonglah yang mungkin paling sering dijual orang. Coba perhatian sekitar tempat tinggal kita, berapa banyak orang yang berjualan lontong. Dalam satu gang saja, mungkin bisa satu atau dua orang tetangga kita yang bersaing untuk jual lontong.

Nah, salah satu lontong yang enak dan ramai dikunjungi banyak orang adalah warung lontong yang berada di Jalan Yos Sudarso, Medan. Saking terkenalnya lontong ini, julukannya juga bermacam-macam. Ada yang menyebutnya lontong glugur, (karena dulu tempat ini bernama Jalan Glugur), lontong malam (soalnya jual lontongnya ampe tengah malam) dan lontong setan.

Tidak tahu persis darimana julukan terakhir ini didapat. Soalnya, aku pernah tinggal di kawasan glugur itu hampir 10 tahun, tapi gak pernah dengar nama lontong setan ini.

Dan aku saja baru ngeh ada lontong setan di Medan dari foto-foto di blog milik Dewi, blogger cewek yang tinggal di Jakarta. Nah dari massage yang aku terima, doi bilang kalo nama lontong setan itu dikenalkan temannya yang juga tinggal di Medan. Nah lho….

Lacak punya lacak, tanya punya tanya, rupanya julukan itu dibuat sopir-sopir taksi yang sering bawa penumpang –biasanya dari luar kota– pada malam hari. Biasanya sewanya itu minta dicarikan tempat makan yang unik dan khas kota Medan. Nah, supaya tak pusing, si abang yang sudah tahu ada jual lontong tengah malam ini langsung aja bilang: “OO…ada …namanya lontong setan. Kita ke sana, pak/bu?”

Kalo dipikir-pikir, kreatif juga ya supir taksi di Medan. Mereka menciptakan ikon sendiri supaya tamu pada tertarik dan makan lontong setan ini. Sang tamu sih percaya aja, apalagi memang lontongnya buka sampe tengah malam.Kita kembali ke lontong, meski sederhana dan berada di emperan toko, tapi lontong di sini punya kelas. Pembelinya bukan hanya orang biasa, tapi juga para eksekutif muda, mahasiswa yang rata-rata orang Tionghoa. Konon, artis seperti Cut Tari, Imam S Arifin juga pernah menikmati kelezatan lontong setan ini. Saking ramainya, pengunjung kadang mereka harus ante karena tempatnya terbatas. Maka tak heran, ada sebagian yang makan lontong di atas mobil.
lontong setannya pake telur
Pemilik warung lontong ini bernama Haula Muni, 34 tahun. Tapi perempuan yang akrab dipanggil Mumun ini bukanlah perintis. Ia hanya meneruskan usaha yang sudah dilakoni neneknya, almarhum Iyananum dua puluh tahun silam.

Bedanya, sang nenek hanya buka pada pagi hari saja. Baru lima tahun terakhir ini, Iyananum, buka sampai tengah malam. Itu pun karena untuk menambah modal untuk perobatan ibunya.

Cita rasa yang awet secara turun temurun, menjadikan lontong Mumun tetap laris manis. Memang tak cuma lontong, Mumun juga menjual aneka nasi dan lauk pauknya. Tapi untuk lontongnya, Mumun kasih servis khusus lho…. Demi memuaskan pelanggan, Mumun menawarkan varian lauk pauk sebagai teman lontong. Seperti, rendang, telur, perkedel, ikan, jengkol, pete, sate kerang, sate telur puyuh dan ayam. Bagaimana dengan harga? Lumayan berkelas juga. Perporsinya dijual Rp 5000 sampai dengan Rp 9000, bergantung menu yang dipilih.

Satu hal yang pasti, Mumun sekarang sudah menjadi pengusaha lontong yang sukses. Dari hasil berjualan ini saja, dia sudah memiliki mobil dan ruko sendiri. Bagaimana tidak, seharian mengurus bisnis lontong, Mumun bisa meraup keuntungan Rp 3 juta perhari, dan Rp 5 juta setiap weekand-nya. Alahmak. Dasar lontong!

15 thoughts on “Lontong Setan

  1. hohoho tuh lontong laris karena namanya yang unik. thanks to bapak supir taksi yang dah ikut mempromosikan lontong setannya bu mumun,,,

  2. Pingback: Rida Wati Anjela » Blog Archive » lontong setan

  3. salam…boleh minta no handphon bu mumun..kami ingin memperkenalkan cara membuat lontong yg efektif dan efesien.ini no handphon sy:+60146336317.terim kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s