wisata

Horeee.. Adelin Lis Bebas!!

adelin lis

Ini Ibarat sinetron Cinta Fitri yang berakhir malam ini, Selasa 5 November 2007. Kalau sinetron itu tayang di SCTV, sinetron yang satu ini lokasi sutingnya ada di Pengadilan Negeri Medan. Pemeran utamanya adalah Adelin Lis, yang dibantu jaksa, hakim dan polisi sebagai pemeran pendampingnya.

Dalam menjalankan perannya itu, jaksa, hakim dan polisi tak kalah hebat dibanding bintang sinetro Cinta Fitri yang digemari sama BJ Habibie itu. Intinya, sinetron yang juga tayang terakhir Senin  siang  itu berakhir happy ending.

“Horee Adelin bebas…”

Seperti sudah diduga sebelumnya, terdakwa kasus pembalakan hutan Adelin Lis akhirnya divonis bebas, Senin (5/11). Majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut bilang, tak ada bukti yang cukup dalam dakwaan jaksa untuk menangkapnya.

Tak pelak, situasi ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jalan Pengadilan, langsung bergemuruh begitu hakim menyatakan Adelin Lis bebas dari segala dakwaan. Para pendemo yang berada di halaman gedung pengadilan berteriak menyatakan kecewa.
Seperti dikutip dari laporan si Micel di detik.com, sebelumnya empat Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Harli Siregar, Tomo Sitepu, Agus dan Halila dan menuntut Adelin Lis penjara 10 tahun, dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan, karena didakwa melakukan pembalakan liar di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Selain itu ganti rugi dana Propisi Sumber Daya Hutan (PSDH) sebesar Rp 119 miliar dan USD 2,9 juta, secara tanggung renteng dengan terdakwa lainnya dalam kasus yang sama.
“Terdakwa dibebaskan dari segala dakwaan. Sebab itu, terdakwa dibebaskan dari tahanan dengan segera dan dipulihkan nama baiknya,” kata Hakim Anwar Byrin yang memimpin sidang bersama Hakim Robinson Tarigan, Dolma Sinaga, Jarasmen Purba, dan Ahmad Sena.
Atas putusan ini, Adelin Lis tentu saja merasa senang. “Saya terharu, ternyata masih ada keadilan,” kata Adelin Lis didampingi kuasa hukumnya Hotman Paris Hutapea dan kawan-kawan.
Sementara Jaksa Harli Siregar, menyatakan kecewa atas putusan ini dan segera akan mengajukan banding. “Kita kecewa mengapa hakim tidak mempertimbangkan saksi-saksi dan bukti yang diajukan,” kata dia.
Ah, melihat vonis hakim itu, kayaknya ada yang tak botul. Sodih kali awak. Sejak awal, aku memang sudah menduga, terlalu banyak skenario yang dimainkan para hakim dan jaksa di sini. Bahkan mulai dari pihak kepolisian.
Ada kongkalikong antara aparat hukum di sini. Tau sendirilah, macammana kuatnya uang si Adelin itu. Buktinya lagi ia sanggup menyewa si Hotman Paris Hutapea, salah satu pengacara ‘hitam’ di negeri ini. Bayangkan, uang yang banyak, ditambah kekuatan loby si Hotman, jadilah vonis bebas. Sudah itu-itu sajanya dari awal.

Jadi percuma saja kalau jaksa mau banding. La wong memang dari awal berkas dakwaannya yang tak jolas. Sudah tak jolas begitu, hakim pun terima sajalah. Yang pentingkan persenannya….. botul tak??

2 thoughts on “Horeee.. Adelin Lis Bebas!!

  1. Terlalu banyak sudah kasus yang pelik yang “diadilkan” oleh uang. Generasi kita sudah terlalu banyak menonton bagaimana seorang koruptor, pembunuh, pemerkosa, perampas hak, bandar judi/narkoba yang bisa walk away dengan apa yang sudah diperbuatnya. Sebagaimana nanti kelak anak cucu kita akan belajar dari situ dan mengatakan kepada orang tuanya seperti ini… “Saya akan mencari uang sebanyak-banyaknya dengan cara apapun juga… Toh dengan banyak uang, orang2 akan menghormati saya dan membela saya.”

    Akhirnya bagai lingkaran setan… semua ini tidak akan pernah berakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s