documentary / Intermezzo / medan kita / media

Dadong, “Anak Muda” Film India

Dadong

Penggemar film India selama ini identik dengan kaum hawa. Terutama bagi ibu rumah tangga. Tak jarang film yang mengandalkan tarian dan nyanyian ini menjadi teman mereka saat memasak di dapur.

oleh. Dedy Ardiansyah

Nah, kalau pun ada kaum pria yang menyukai film India mungkin jumlahnyatak seberapa. Pria yang langka itu adalah Usrizal Pulungan. Laki-laki berusia 32 tahun ini bisa dikatakan penggila film-film India. Kecintaannya terhadap film India ini bisa dilihat dari seabrek koleksi yang berbau India. Mulai dari kaset, VCD, DVD, poster, majalah, kacamata ala Amitab Bachan hingga pernak-pernik lain. Saking hobinya, ia bahkan pernah mencuri poster-poster film India dari sejumlah bioskop di Medan.

Usrizal Pulungan sebenarnya lebih akrab dipanggil Dadong. Ia lahir di Medan, tepatnya 11 April 1974. Setelah menamatkan SLTA, pria berkulit gelap ini melanjutkan pendidikan ke FISIP USU mengambil jurusan Komunikasi. Di keluarga, lelaki bertubuh gemuk inimerupakan anak sulung dari 5 bersaudara. Sejak lahir, ia diasuh oleh ibu angkatnya,Kamaliah dan Yusnah Siregar. Orang tuanya Usman Pulungan dan Sri Hafni tinggal di Jakarta.

Ia memanggil Kamaliah sebagai Emak. Sementara Yusnah Siregar ia panggil Ibu. Bersama Emaknya ini mereka tinggal di Jalan Sekata 4, kawasan Glugur By Pass. Dari orang tua angkat ini pula, ia mengenal film-film India.

“Kegemaran saya terhadap film India ini sudah terbentuk sejak kecil. Orang tua angkat saya sering mengajak saya nonton film-film India saat saya berumur 2 tahun,” katanya.

Ketika ia duduk di SMP, barulah ia menonton sendiri. Di usia itu, hampir seluruh bioskop di Medan yang memutar film-film India pernah ia jajaki. Amitab Bachan adalah tokoh idolanya. “

Sakarang ini, ia bekerja sebagai kameramen di Metro TV Medan. Meski punya aktifitas yang padat, tapi kecintaannya terhadap film India tak juga surut. Malah kian tinggi.

Berburu Barang Koleksi

Saat berkunjung ke rumahnya di Jalan Sekata 4 Gg Mawar Medan Selasa kemarin, lagu-lagu India mewarnai wawancara kami. Tak jarang ia ikut bersenandung mengikuti irama lagu tersebut.

Di kamarnya ada ratusan pernak-pernik yang berbau India. Mulai dari kaset tahun 60-an hingga DVD film India terbaru. Koleksi VCD nya ada 183 keping, 26 keping DVD dan 163 buah kaset. Sementara untuk majalah, tabloid dan poster ada ratusan.

Barang-barang tersebut ia dapat dari berbagai tempat. Mulai dari berburu dari pasar-pasar tradisional di Medan hingga luar negeri. Untuk kaset, VCD dan DVD biasanya ia mencari di kawasan Kampung Keling. Namun ia paling sering berburu ke Toko Barathi Music Center di Jl. Teuku Umar. “ Toko ini spesial menjual kaset-kaset India. Saya sering membeli kaset-kaset keluaran tahun 70-an,” ujar Dadong tak pernah menghitung berapa banyak uang yang sudah ia keluarkan demi hobinya itu.

Di antara barang koleksinya itu, yang paling spesial adalah majalah National Geographic berjudul “Di balik Layar Bollywood”. Spesial karena majalah itu edisi prototipe, tidak diperjualbelikan. Untuk mendapatkan ini, ia harus mendekati pimpinan toko buku itu.

“Majalah itu tidak dijual, hanya sampel ketika majalah National Geographic akan terbit perdana dalam edisi bahasa Indonesia. Begitu dikasih, wah luar biasa senangnya. Tapi saya lupa nama Bapak itu,” ujarnya tertawa.

Yang menarik seputar koleksinya itu adalah cerita bagaimana ia mengumpulkan poster-poster film dari tahun 80-an hingga 90-an. Pasalnya, poster-poster film itu ia koleksi dengan cara tak biasa, yakni dengan jalan mencuri! Ritual tak lazim ini dilakukannya sejak ia duduk di kelas IV SD hingga remaja.

Poster yang tadinya alat promosi dari bioskopPulo Berayan dan Bioskop Bambu di Jalan Gaharu dalam semalam berpindah ke kamar tidurnya. “ Poster-poster itu dulu selalu ditempelkan di jembatan gantung dekat rumah saya. Begitu malam tiba, jembatan itu kan sudah sunyi dan gelap, barulahsaya berani mengambilnya,” tuturnya.

Begitulah, hampir tiap malam, poster-poster film yang dipasang ditempat itu hilang. Tak aneh kalau sekarang jumlah koleksi poster film Indianya ada seratusan. Hebatnya lagi, poster-poster itu masih terawat. Di ujung poster-poster itu dia catatkan, tanggal, jam dan bioskop mana yang akan memutar film tersebut.

“ Hahaha…Mungkin kalau sekarang mereka tahu saya suka mencuri poster-poster itu, bisa gawat,” ujarnya mengenang.

Selain poster, ia juga mengoleksi kaset-kaset India. Rocky merupakan koleksi kaset pertamanya. Kaset produksi Pesona Musik Indonesia itu dibeli saat ia duduk di kelas 3 SD. Harganya ketika itu masih Rp. 1,200. Namun cover dari film yang dibintangi Sanjay Dutt dan Tina Munim itu terpaksa ia buang karena posenya seronok.

“ Covernya bergambar Tina Unim yang sedang pakai bikini di pantai. Karena saya masih kecil, covernya terpaksa saya buang karena takut dirazia orang tua,” ujarnya menunjukkan kaset tanpa cover itu.

Tak jarang pula, kaset-kasetnya ini ia pinjamkan ke beberapa radio yang memiliki program khusus lagu-lagu India.Selain koleksi kaset-kaset India keluaran tahun 70-an, ia juga punya koleksi kaset “buatan dewe”. Istilah ini untuk kaset-kaset yang ia rekam dari radio atau televisi yang memutar lagu-lagu India

Filosopi di Balik Film India

Sejatinya, booming Film India melanda Indonesia sejak era film Kuch Kuch Hota Hai laris manis di layar bioskop tanah air tahun 1999. Film yang dibintangi Sakhrul Khan dan Kajol ini, seketika merubah persepsi masyarakat kita terhadap film India. Film-film Bolliwood pun naik daun di tanah air. Yang tadinya cuma sekedar teman ibu-ibu di dapur, belakangan digemari segala lapisan. Bahkan hampir seluruh televisi swasta Indonesia berlomba-lomba menayangkannya.

Sejak itu pula, banyak bermunculan penggemar film produksi Bolliwood ini. Puluhan bahkan mungkin ratusan orang membentuk fans club. Tapi menurut Dadong, kecintaan mereka–mereka ini hanya pada tokoh-tokoh tertentu. Musiman dan ada pula yang ikut-ikutan sekadar mengikuti trend.

Bagi Dadong, film-film India tak sekedar ajang hiburan. Film India punya filosopis yang tinggi. Baginyafilm India mengajarkan kesetian, persahabatan dan kejujuran.

“ Film India itu mengajarkan kita menyayangi orang tua. Coba perhatikan, sejahat apa pun bandit di film India, pasti ada adegan menyentuh kaki orang tuanya. Ini cerminan kalau film India menghargai orang tua,” sebutnya.

“Film India juga jujur dan kritis. Mereka tak segan menjadikan polisi, menteri atau pejabat menjadi tokoh yang jahat. Beda di Indonesia, juper(maksudnya juru periksa) polisi saja tak boleh dijadikan tokoh,” sambung Dadong.

Bahan Olok-olokan

Di mata teman-temannya Dadong sangat identik dengan India. Apalagi ketika ia memakai kacamata hitam ala Amitab Bachan. Tak aneh berbagai julukan kerab ia sandang. Mulai dari Tuan Maholtra, Tuan Takur hingga Inspektur Vijaay.Namun dibalik itu, tak jarang pula ia menerima olok-olokan.

Bahkan, pernah ia nyaris bertengkar dengan temannya gara-gara hobinya terhadap film-film Indiadianggap tak beradap. “ Saya tersinggung ketika dia sebut lagu-lagu dan musik India tak beradap, karena dia suka musik jazz danpop. Untunglah saya tidak terpancing,” ujarnya.

Kini, ia tak perdulikan lagi apa kata orang. Ia merasa enjoy terhadap hobinya itu. Apalagi pacarnya adalah penyiar radio yang khusus membawakan lagu-lagu India. “ Rencananya kalau menikah nanti, saya ingin pacar saya memakai pakaian sari di foto undangan kami,” ujar Dadong yang terobsesi mengunjungi, Bolliwood.

36 thoughts on “Dadong, “Anak Muda” Film India

  1. aq juga sangat suka film India,,dan smua org yang dekat dgn ku mulai dari linkungan kluarga,teman sekerja,dan para sahabat tau kalo aku suuukkka bgt film India
    dan,,aq salutt bgt ama dadong yg biza demikian bebasnya menyalurkan hobinya trsbt…
    kurasa..aq suka film india berawal dari kecil ktika ku slalu dbawa mamak ku nonton film india…
    benar… yg membuat film india itu indah bila yg menonton mengerti filosofinya bukan cuma melihat tari-tariannya yang kt org-org ituu yang cm bs ngeledek “org India klo lyt pohon/tiang lngsng dipeluk trs dinyanyiin deh”,,
    kukutuk mereka itu,,tar kena pelet film india lho..bru tau rasa enaknya film india,,trs nyariin dadong mpe ke Medan deh…

    Setujuuuu………………
    BTW, MarlinanK emang tinggal di mana??

  2. Saya juga penggemar india dan punya perkumpulan india yang sangat banyak anggotanya. bisa minta tolong kah diberikan alamat lengkap bung dadong. please karena saya sangat tergila-gila film india yang lama.

    Tanks atas responnya. Dadong itu memang unik. Sangat unik.
    Ntar aku konfirm ke dia dulu ya…

  3. Aku sangat suka film india. aku udah banyak koleksi VCD/DVD film. cuma aku sekarang kesusahan cari film baru. karena kata penjual sekarang susah nyari film india. apakah ada yang tahu dimana jualan film india DVD. tapi kalo ada yang bajakan. soalnya aku kendala di biaya. biasa orang tak punya. cuma sanggup beli bajakan. tolong informasinya yach…

  4. Namaskar
    Senag rasanya kenal dengan anda para fans bollywood di tanah air. Saya Pravin Irawan, 24 dari Bandung. saya juga fan film india dan bekerja sebagai penyiar tembang-tembang Bollywood di salah satu stasiun radio swasta di kota bandung. Selain pengen kenalan saya juga ingin ngasih informasi kalo Bollymania dapat memesan MP3 soundtrack Bollywood yang lawas maupun yang baru dengan harga yang murah banget tapi kualitas MP3 nya kool abizz. Untuk pemesanan silahkan kunjungi situsnya http://www.apnafarmaish.webnode.com.
    sebagai informasi tambahan saya juga langganan tetap situs ini dan sudah memesan kurang lebih 300 soundtrack bollywood. Untuk Bollymania yang pengen share and kenalan dan juga belajar Bahasa Hindi dengan saya silahkan hubungi ponsel saya 087821300926, bahut shukriya Mujhse Dosti Karoge

  5. Saya seorang penyiar di Radio T FM Pemalang ( Jl. Jenderal Sudirman Timur No. 166 Pemalang, Telp. 0284 323 744 / 235 356. Acara yang saya bawakan adalah acara DEN INDI, yaitu acara yang memutarkan lagu – lagu India. Baik lagu India lama maupun baru. Antusias pendengar di wilayah jangkauan siar kami ( Batang, Pekalongan, Banjarnegara, Purbalingga dan tegal ) cukup banyak.
    Acara ini diadakan setiap hari ( pkl. 13.30 – 15.00 WIB ), kecuali hari Sabtu. Di hari Sabtu dikhusukan untuk mengupas semua tentang dunia hiburan India.
    Untuk koleksi lagu – lagunya cukup lengkap ( baik lagu India lama / era 90 an maupun lagu India baru ).Hanya kendalanya kami cukup repot untuk hunting lagu – lagu India itu sendiri.
    Bagi Anda yang pengin bertukar lagu – lagu atau tukar informasi silahkan bisa menghubungi saya :

    ANTON ARDIAN
    Radio T FM Pemalang
    Jl. Jenderal Sudirman Timur No. 166 Pemalang
    Telp. ( 0284 ) 323 744 / 325 356
    E – Mail : tfmpemalang@yahoo.com
    Hp. 0819 1169 1264

  6. buat para penggemar india baik musik atau film yang berada di sekitaran jabodetabek,saya bisa bantu untuk mencarikan cd atau vcd lagu film india.krna saya pnggemar film india juga….!!
    yang tidak ada di pasaran bisa saya bikinkan atau saya download buat para bollymania.
    brminat …..????
    hub : 085710842385.

  7. Thanks buat Dedi yg udah mau sering sama aku, n udah mau ngusahain nyariin lagu – lagu India, tapi aku lebih suka lagu – lagu India tahun 90 an ke bawah dg kualitas yg bagus, tapi emang biasanya lagu – lagu India sekarang di format ke VCD. Apalgi untuk India yg lama – lama. Saran aku mending cari lagu – lagu India yg lama dalam bentuk kaset tip / pita, karena kualitasnya bagus dan lagunya tidak terpotong – potong, juga original.

  8. dimana bisa mendapatkan VCD film india tahun 2000 an ya? the Hero, RAZZ, PARDES dll? saya di buleleng. kalo ada boleh dong kirim ntar saya ganti. Sedang searching kemana2 gak dapet2 khususnya yang RAZZ. kalau ada kontak saya 081933004231. trims sebelumnya

  9. maaf, saya baru tau ini kalau ada yang mau share denganku soal boliwud. di tempat tinggalku kebetulan tidak terlalu susah untuk mencari lagu atau pun film india. baik yang jadul maupun yang terbaru. Misalnya MP3 film DHOOM3 dah ada. Masih banyak yang laennya. vcd, dvd, mp3 jugak ada. biar enak, buat teman2 yang mau share bisa ke hape ku. nomornya 08126565972 dan 06177044972. ditunggu ya….

  10. berapa nomor hp ane boleh ga beli lagu koleksinya apalagi india thn 60s/d70an aq sangat menyukainya boleh dong dicopy buat aq versi vcd ataw dvdnya apalagi yang karaoke.thank and goodluck.semoga kita bisa ketemu di rumah ane dadong kalau dikasih alamatnya soalnya aq ada ditebing tinggi.

  11. buat teman-teman penggemar film india di seluruh tanah air..kita sohiban,yuk..aku punya banyak koleksi lagu maupun film india,lho dari tahun 70an sampe sekarang.bagi teman yang tahu alamat club fans india tolong kasih tau aku,dong.karena di semarang udah jarang yang minat sama film india.mari kita sambung tali silaturahmi antar penggemar india.

  12. halo teman-teman…yuk kita berbagi cerita tentang film india.aku suka banget nyanyi lagu india.pengin nyalurin bakat tapi nggak tahu gimana caranya.ada yang bisa bantu nggak?bagi yang mau kenalan silakan hubungi alamat emailku di bawah ini. kqajol@yahoo.co.id

  13. Salam Bollymania! Kabar gembira buat ladka aur ladki pecinta Bollywood dimana saja. Kini telah hadir BOLLYWOOD DISC COLLECTION, tempat yang tepat untuk melengkapi koleksi para bollymania. Dari vcd/dvd film2 Bollywood baik film lama ataupun film baru, vcd lagu2 request, mp3, cd, download hp dll…
    Khusus untuk request vcd lagu2, Bollymania bisa buat daftar lagu2 favorit sendiri. Dalam satu vcd boleh diisi klip-klip lagu dari film apa saja lama atau baru pokoknya sesuka kamu. Buat daftar maksimal 15 lagu favorit kamu untuk satu vcd lagu2 request atau 95 lagu (16 judul album film) untuk mp3 request. Desain cover juga bisa dipilih foto aktor/aktris favoritt kamu atau foto diri sekalian. Pokoknya pas buat Bollymania.
    Di BOLYYWOOD DISC COLLECTION juga tersedia vcd2 ajang penghargaan seperti Filmfare Award, Zee Cine Award, IIFA Award, Starscreen, Stardust, Coffe With Karan dll. Bollymania dapat memesan melalui sms ke 0818 0625 7561 dan 0856 9449 2412 atau kirim email ke romyrajahindustani@gmail.com atau bdcbekasi@gmail.com.
    Atau datang langsung ke:
    BOLLYWOOD DISC COLLECTION
    Jl. Teuku Umar 55 Telaga Asih
    01/05 Cibitung – Bekasi 17520

  14. aq juga penggemar film india.
    aq gak tau kpan awalnya aq suka film india.yg jelas waktu aq masih di usia balita, aq sering di ajak sama temennya umi, nonton film india di bioskop.padahal aq ny belum ngerti apa2 kan soal film?hehe.

    temen2 qu jarang yang suka india, jadi gak punya temen bwt cerita2 seputar film india.
    lagian di tempat asal qu jember,,film india susah masuknya.aq cuma bisa liat dari internit tentang info2 film terbaru.trus denger lagu2 india dari radio.nunggu di siarin di stasiun tv, sekarang udah jarang.paling tpi doang.

    dadong keren deh,,bisa tetep eksis sama kegemerannya soal bollywood.

  15. Namaskaar! salam kenal,saya Ady org surabaya yang lagi kerja di maluku Ambon,terima kasih buat semuannya,special buat pak Dedy,yang lagi demen ama bollywood,dari sini saya dapat tman baru deh,saya minta tolong kah!? ada yang bersedia membantu saya untuk membelikan DVD / VCD original Film Hindi yang berjudul “WATER”,di bintangi Oleh John Abraham,Lisa Ray,film garapan Deepa Mehta Ini sangat mengharukan bagi saya,dan kalau bisa yang memang beredar untuk Indonesia,diharapkan terjemahan bahasanya lengkap,saya akan ganti Uangnya semua,saya tonton film ini dengan terjemahan yang sangat kurang lengkap sebelumnya,karena VCD bajakan,hasil “ngrekam” sendiri,kiranya ada yang membantu saya ntuk mencarikan Film ini,apa pak Dedy punya koleksinya kah?,tolong ya pak dedy,ini hiburan saya karena di perantauan jauh nih,buat hiburan saya ntuk film yang satu ini,bner saya ganti sampai ongkos lelah dan transport nya deh,ntuk pak Dedy dan teman lainnya klo ada informasi bisa kirim SMS ke HP saya +6281343325980,ato Email Saya : hleebnand@yahoo.com,saya tunggu(klo bisa yang masih bersegel)

  16. Ass. All . . .
    Kalau ada info ato pengin bikin komunitas pecinta India please call me at 0878 300 44 99 6

  17. halo…salam kenal semua.
    klau mau diskusi film india and tanya jawab tentang film hubungin saya aja ke 085280100554 atau tarmizih@yahoo.co.id, mau song2 mp3 terbaru film india hubungi saya, gratis saya tunggu ya

  18. halo sobat india mania, gw irvan. gw juga lagi cari kaset tip ato vcd lagu2 dari film devdas, dhaai aksar prem ke, anmol, thoda pyar thoda magic. da yg bs bantu ga? tar gw beli kalo ada yg punya. tlp gw di 021 94782806. thx ya guys

  19. Wah baru tau segitu besar perjuangan bang dadong,aq juga suka bollywood dari kecil papa ku yg mengenal kanya.saking cinta setiap ada layar tancap kami sengaja jauh2 datang ke tetangga kampung hanya ♏ªΰ liat film india.meski harus ngelewati kuburan, akhirnya berlanjut smp gede sekarang dan smp menurun ke anak ku yg masih berumur 2 tahun dia suka bgt liat film india terutama tara rum pum,dan lagu2 bolly tiap nangis di puterin lagu india pasti langsung diam.

  20. Kenpa aq baru tau klo di medan ada toko yg jual dvd & vcd india.. Padahal dri tahun 1998 aq mencri film2 dan lagunya Rani Mukherjee, sekrng aq msih punya hanya sedikit aja.. Siapa yg tau tmpat beli kaset dvd,vcd,lagu india,majalah india & poster india serta yg lainny??? Help saya…
    Saya perlu bgt itu semua, khususnya yg di medan … Help me plssss?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s